HIMATEKKIM

Berdasarkan kamus besar bahasa Indonesia, himpunan merupakan perkumpulan, jadi dapat dikatakan jika himpunan mahasiswa merupakan perkumpulan mahasiswa. Namun perkumpulan yang dimaksud ialah perkumpulan yang memiliki tujuan tertentu untuk memberikan manfaat bagi mahasiswa yang terhimpun dalam organisasi yang disebut Hima (Himpunan Mahasiswa). Manfaat tersebut ialah kesempatan untuk dapat mengembangkan peran mahasiswa sebagai Agent Of Change. Dengan mengikuti organisasi di dalam maupun di luar lingkungan kampus, mahasiswa mampu mengembangkan intelektual akademis sebagai modal untuk memberi perubahan-perubahan yang positif pada masyarakat, bangsa dan Negara. Sebagai agent of change, mahasiswa harus mampu tanggap dan kritis dalam menghadapi permasalahan yang ada. Sebelum untuk kepentingan yang lebih luas, hal kecil yang didapatkan mahasiswa ialah memiliki kemampuan sebagai pemimpin, good time and emotion management.

HIMATEKKIM ULM adalah organisasi yang menaungi mahasiswa-mahasiswi Prodi Teknik Kimia ULM yang berdiri sejak 7 Maret 2006. Pengurus HIMATEKKIM ULM sejak pertama berdiri hingga periode 2021 terdiri dari anggota inti (Ketua, Wakil Ketua, Sekretaris 1, Sekretaris 2 dan Bendahara) dan 7 Departemen, yaitu Departemen Keagamaan; Pendidikan, Penelitian dan Pengembangan (P3); Hubungan Masyarakat (Humas); Dana dan Usaha (Danus); Publikasi dan Komunikasi (Pubkom), Kaderisasi dan Organisasi (KO) dan Minat dan Bakat (MB).

Tujuan dari dibuat Himatekkim tidak lain adalah untuk menghimpun seluruh mahasiswa Teknik Kimia ULM selain itu Himatekkim juga dapat membantu Program Studi Teknik Kimia ULM baik dalam kegiatan akedemis ataupun non akademis. Selama kiprahnya, HIMATEKKIM ULM selalu mengalami peningkatan dan perkembangan setiap tahunnya baik secara program kerja yang dijalankan ataupun eksistensinya di lingkungan Fakultas Teknik ataupun di luar Fakultas Teknik. HIMATEKKIM ULM termasuk dalam keanggotaan BKKMTKI (Badan Koordinasi Kegiatan Mahasiswa Teknik Kimia Indonesia) yang terdiri dari 85 Himpunan/Ikatan mahasiswa Teknik Kimia yang tersebar di pulau Sumatera, Jawa, Sulawesi, kalimantan dan HIMATEKKIM merupakan perwakilan dari ULM.

Pada kepengurusan tahun 2021 banyak program kerja dari HIMATEKKIM ULM yang dapat dijadikan program kerja unggulan seperti Chemical Engineering Virtual Ekspo (CEVO), yang berisikan lomba Рlomba tingkat nasional untuk SMA sederajat seperti LKTI, Esai dan poster serta seminar industri tingkat nasional . Ada  juga program kerja PMTK (Pengabdian Masyarakat Teknik Kimia), Bakti Sosial, Seminar Industri serta program kerja Chem-E Magz yang merupakan majalah unggulan HIMATEKKIM ULM yang terbit 2 kali selama kepengurusan. Di umur yang sudah mencapai 15 tahun ini diharapkan kedepannya Himatekkim ini lebih baik lagi kiprahnya baik dalam menghimpun mahasiswa Teknik Kimia ULM sendiri ataupun dalam kegiatan lainnya.